Rabu, 21 Oktober 2015

EKONOMI KOPERASI 1

contoh kasus  
Kasus UKM  

Contoh kasus UKM yang memiliki Resiko Dalam suatu usaha saat mengelola suatu produk yang akan dihasilkan dari barang itu belum jadi atau belum siap dipakai menjadi siap jadi atau siap dipakai. Sebagai salah satu contoh dari banyaknya jenis usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia yang memiliki resiko adalah usaha pembuatan kerupuk. Sebut saja pabrik ini "irma krupuk". Pabrik ini menjual kerupuk dalam jumlah besar tiap harinya. Sudah banyak distributor dari kerupuk ini. Pabrik ini awalnya hanya sedikit memproduksi kerupuk namun karena semakin hari permintaan akan krupuk meningkat maka produksi kerupuk ini akhirnya semakin pesat.

      Namun saat permintaan akan kerupuk semakin banyak maka resiko yang dihadapi pabrik ini juga semakin besar. Dulunya pembuatan kerupuk pada pabrik ini dengan cara dijemur saat adonan kerupuk sudah mulai dibentuk melingkar-lingkar namun karena permintaan akan kerupuk semakin banyak pabrik ini sekarang menggunakan oven khusus untuk mengeringkan kerupuknya sehingga produksinya semakin cepat dan semakin rendah pula resikonya. Jika pabrik ini memakai cara pengeringgannya dengan menjemur adonan kerupuk yang sudah jadi dibawah sinar matahari maka UKM ini akan menghadapi resiko yang cukup besar. Bicara soal cuaca, pabrik ini harus menyesuaikan cuaca saat menjemur kerupuk karna itu resiko yang akan dihadapi UKM ini termasuk dalam resiko tidak disengaja karena UKM ini tidak dapat memprediksi cuaca yang akan datang tersebut. Syukur saat cuaca sedang terik maka kerupuk tersebut dapat dijemur namun saat cuaca mendung dan hujan maka penjemuran kerupuk tersebut harus di hentikan sejenak. Maka timbul lah ide untuk menjemur kerupuk tersebut di oven maka resiko yang dialami UKM tersebut akan terminimalis.

PENDAPAT :
Menurut pendapat saya, kasus UKM dapat membantu perekonomian indonesia dan membantu mengurangi pengangguran di indonesia. Tetapi UKM tidak selamanya berjalan mulus banyak juga UKM yang menggulung tikar karena banyak yang menganggap remeh UKM ini. Seharusnya di indonesia juga harus memperhatikan dan tidak di abaikan keberadaan UKM ini, karena jika semakin banyak UKM yang beroperasi akan menguntungkan rakyat indonesia juga pengangguran akan semakin berkurang dan ini juga bisa memajukan indonesia agar menjadi negara maju di mulai dari hal kecil terlebih dahulu.
Sumber : http://diana-aprianti.blogspot.co.id/2013/01/contoh-kasus-ukm-beserta-pendapat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar