kasus iklan
minuman berenergi (Kuku bima vs Exra joss)
Merupakan iklan yang tidak beretika dalam dunia
bisnis. Karena dalam 2 iklan tersebut saling menjatuhkan dengan
sindiran-sindiran. Kuku bima energi memiliki slogan “Kuku Bima Energi Roso”
yang artinya memiliki banyak rasa dalam setiap pilihan minuman tersebut yakni
original, anggur, jambu, jeruk, kopi, dan teh. Sedangkan dalam iklan Extra Joss
hanya menampilkan 1 rasa yakni rasa original, dan Ektra Joss membuat slogan
“Laki kok minum yang rasa-rasa”, secara tidak langsung ini merupakan bisnis
yang tidak beretika. Membuat sindiran-sindiran yang ingin menarik minat
konsumen atau melakukan promosi seperti itu. Seperti yang dijelaskan sebelumnya
dalam menciptakan etika yang berbisnis harus dengan persaingan yang sehat.
Seharusnya dalam berbisnis sebaiknya jangan saling menjatuhkan namun
bersainglah secara sehat, karena dengan saling menjatuhkan malah akan membuat
image juga buruk dan konsumen pun tidak akan berminat atau percaya memilih
produk tersebut.
Pasal 20 : “Pelaku usaha
periklanan bertanggung jawab atas iklan yang diproduksi dan segala akibat yang
ditimbulkan oleh iklan tersebut”.
http://srachmandha.blogspot.co.id/2015/01/contoh-kasus-yang-berhubungan-dengan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar